-->

Pages

Sunday, June 16, 2013

Cara Menangkap Screen Shot dengan Sniping Tool pada Windows Vista / Windows 7

Sebelum Windows Vista, jika Anda ingin screen shot Anda harus menggunakan kurang dari metode intuitif menekan tombol print screen dan paste screen shot ke dalam program grafis untuk menambahkan markup dan simpan. Dengan Windows Vista dan kemudian, Microsoft sudah termasuk utilitas yang disebut potongan Tool untuk membuat menangkap gambar layar lebih mudah. 
Tentu saja, ada banyak layar alat capture gratis untuk semua versi Windows jika Anda sudah tidak upgrade ke Windows Vista atau Windows 7.

 Catatan: Alat Sniping tidak tersedia di Windows Vista Home Basic Edition. Hanya ada di Vista Home Premium, Business, Enterprise, atau Ultimate Editions.


 Gambar 1. Snipping Tool

 Inilah Caranya:

1. Klik pada Start Menu dan mulai mengetik "Snipping" ke dalam kotak pencarian.
 
2. Snipping tool harus muncul dalam daftar Program di atas kotak pencarian, dan Anda dapat klik di atasnya untuk memulainya.
3. Snipping jendela Tool akan muncul pada layar Anda. Anda dapat memindahkannya ke tepi layar sehingga tidak dengan cara Anda, tetapi juga akan hilang ketika Anda mulai menyeret area seleksi.
4. Snipping tool mengasumsikan Anda ingin membuat kliping baru segera setelah Anda membukanya. Layar Anda akan redup, dan Anda dapat klik dan drag kursor Anda untuk memilih area untuk menyalin. Saat Anda menarik, area yang dipilih akan lebih gelap, dan dikelilingi oleh perbatasan merah jika Anda belum pernah mengubah pilihan Snipping Tool.
5. Ketika Anda melepas tombol mouse, daerah ditangkap akan terbuka di jendela snipping tool. Jika Anda tidak puas dengan pilihan dan perlu untuk mencoba lagi, klik tombol "New". 
6. Bila Anda puas dengan kliping Anda, tekan tombol kedua untuk menyimpan screen shot sebagai file gambar. Lihat tips di bawah ini untuk format file saran.

 Tips:

1.Jika screen shot Anda berisi sejumlah warna dan Anda ingin mempertahankan garis tajam dan menjaga ukuran file kecil, simpan sebagai file GIF. Jika screen shot Anda berisi banyak warna dan Anda ingin mempertahankan garis tajam dan kualitas penuh, simpan sebagai file PNG. Jika screen shot Anda berisi banyak warna dan Anda ingin membuat ukuran file yang kecil, simpan sebagai file JPEG. 
2. Sebelum menyimpan screen shot, Anda dapat menggunakan alat Pen dan Highlighter di toolbar Tool Snipping untuk menambahkan markup untuk menembak layar Anda. Alat penghapus akan menghapus tanda yang dibuat dengan pena dan stabilo Tools. 
3. Anda dapat email screen shot tanpa menyimpannya dengan menggunakan "Send To" tombol pada toolbar Snipping Tool. 
4. Go to Tools> Options untuk mengubah cara potongan Tool beroperasi. Misalnya, Anda dapat mengubah warna garis seleksi dengan memilih warna tinta baru, atau mengubah garis off sepenuhnya oleh centang kotak untuk "Tampilkan tinta setelah pemilihan snips ditangkap." 
5. Aktifkan "ikon Display pada toolbar Quick Launch" pilihan jika Anda ingin menyimpan potongan Alat berguna untuk akses cepat di Windows Vista. Pada Windows 7, Anda dapat pin ke taskbar Anda dengan mengklik kanan pada ikon di menu awal dan memilih "Pin to Taskbar."

No comments:

Post a Comment

Siapapun Boleh komentar disini disertai dengan backlink tapi harus sesuai topik dan bukan spam, kalau spam akan dihapus.

Post a Comment